Mau Kredit Mobil? Ini Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan

Mau Kredit Mobil? Ini Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan

Ingin mengambil kredit mobil, tetapi masih ragu apakah itu keputusan terbaik atau tidak? Tenang, informasi berikut bisa membantu menyudahi kebimbangan Anda. Sebelum itu, ketahui dulu keuntungan mengambil kredit mobil.

Tidak seperti bayar tunai, Anda tetap bisa membeli mobil walau tidak mempunyai dana awal lewat kredit. Agar mendapatkan kesepakatan terbaik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin mengambil kredit.

 

Pertimbangkan Hal ini Sebelum Ambil Kredit Mobil

Berkat persyaratan yang semakin mudah, tak heran kalau banyak orang tertarik untuk mengambil pembayaran kredit. Namun sebelum terlalu senang, pastikan Anda memahami hal-hal berikut:

1.      Panjang Periode Cicilan

Pemberi pinjaman pastinya menyediakan beberapa program cicilan dengan periode waktu yang bervariasi. Paling singkat umumnya 1 tahun dan paling panjang bisa mencapai 7 tahun.

Jelas biaya cicilan lebih besar pada periode waktu yang singkat. Namun sebaliknya, periode waktu cicilan yang lama justru membuat harga mobil berakhir lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh bunga yang besar.

 

2.      Besaran Suku Bunga

Pertimbangkan besaran suku bunga matang-matang untuk mengambil keputusan terbaik. Suku bunga cicilan mobil juga berbeda-beda, tergantung dari pihak dealer atau pemberi peminjam.

Apabila ingin mendapatkan harga terbaik, sebaiknya mengambil cicilan dengan bunga kecil. Caranya dengan mengambil program cicilan dengan periode waktu yang lebih singkat.

 

3.      Asuransi

Anda akan diarahkan untuk mengambil asuransi ketika membayar mobil secara kredit. Ini memang sangat membantu dalam menutupi biaya perbaikan sekiranya terjadi kerusakan.

Cobalah minta pihak dealer untuk memandu menentukan rencana asuransi terbaik. Bisa juga Anda mencari pihak penyedia asuransi sendiri supaya biaya cicilan menjadi lebih rendah.

 

4.      Hindari Meminjam di Bank

Beberapa orang akan meminjam uang di bank demi mendapatkan mobil impian secara tunai. Bahkan ada yang sampai mengambil pinjaman lebih dari kemampuan mereka membayar. Padahal bunga di bank dapat lebih besar ketimbang kredit mobil.

Sebaiknya mengambil program cicilan mobil baru yang disediakan oleh SEVA. Platform dengan fitur Instant Approval ini akan mempertemukan Anda dengan mobil impian berdasarkan kondisi keuangan, sehingga tetap di dalam jangkauan kemampuan finansial Anda.

 

5.      Bayar DP Sebesar Mungkin

Kredit mobil menawarkan biaya DP dengan persentase mulai dari 10%, bahkan ada yang 0% alias tanpa DP. Terdengar menggiurkan, bukan? Sebaiknya pertimbangkan kembali besaran DP yang mau dibayar.

Lebih baik membayar sebesar mungkin DP, misalnya 20% dari total harga. Selain mengurangi besaran biaya cicilan per bulan, ini juga akan mempengaruhi tingkat suku bunga.

Semakin besar biaya DP yang dibayarkan, maka semakin hemat biaya yang dikeluarkan dalam jangka panjang.

 

6.      Hindari Bayar Cicilan Terlambat

Akibat manajemen keuangan yang tidak baik, ada risiko keterlambatan pembayaran cicilan. Atau mungkin Anda lupa.

Tapi jangan sampai menjadikan ini sebagai kebiasaan. Terkadang ada denda yang perlu dibayarkan apabila pembayaran tidak tepat waktu. Alhasil uang yang dikeluarkan semakin banyak.

 

Intinya, pastikan program kredit mobil yang Anda ambil sesuai dengan kemampuan. Ini akan menyelamatkan Anda dari berbagai kesulitan finansial ke depannya.

 

 

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.