Hasil Tottenham Hotspur vs Chelsea Carabao Cup, Mason Mount Gagal Penalti, The Blues Tersingkir

Hasil Tottenham Hotspur vs Chelsea Carabao Cup, Mason Mount Gagal Penalti, The Blues Tersingkir

Tottenham Hotspur berhasil menyingkirkan Chelsea pada babak adu penalti ronde keempat Carabao Cup, Rabu (30/9/2020) dini hari. Berlangsung di Tottenham Hotspur Stadium, pertandingan terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti setelah skor berakhir imbang 1 1. Erik Lamela menjadi penyelamat Tottenham Hotspur dengan golnya penyama kedudukan pada menit.

Gol Lamela tersebut memaksa pertandingan dilanjutkan babak adu penalti setelah Chelsea sempat memimpin lewat Timo Werner. Pada babak adu penalti, Mason Mount jadi satu satunya pemain yang gagal mengeksekusi. Gagalnya eksekusi penalti Mason Mount membuat timnya The Blues (julukan Chelsea) tersingkir di ajang Carabao Cup.

Chelsea sebagai tim tamu pada pertandingan ini langsung tampil menguasai permainan sejak awal babak pertama. Klub berjuluk The Blues tersebut memperagakan operan operan pendek untuk menembus pertahana tuan rumah. Terlihat pada menit kelima Chelsea langsung mendapat peluang lewat akselerasi Timo Werner.

Timo Werner melakukan akselerasi di sisi sayap dengan diakhiri operan ke dalam penalti Spurs. Bola hasil umpan Werner nampak gagal dijangkau rekannya yang sudah menunggu. Tuan rumah Tottenham Hotspur nampak bermain sabar dan lebih mengandalkan serangan balik untuk menekan Chelsea.

Serangan balik Tottenham Hotspur pun terjadi kala Sergio Reguilon membawa bola ke sisi pertahanan tim tamu pada menit 8. Upaya Reguilon untuk mengirimkan juga gagal belum menemui sasaran rekannya yang telah di dalam kotak penalti. Memasuki menit 10 permainan Tottenham Hotspur maupun Chelsea mulai terbuka.

Chelsea pun memanfaatkan permainan terbuka Spurs dengan serangan yang diusung oleh Callum Hudson Odoi. Odoi melakukan permainan one two dengan Azpilicueta untuk membedah ketatnya pertahanan The Lilywhites. Upaya Odoi dan Azpilicueta juga masih buntu lantaran kurang akurat dalam mengirimkan umpan.

Menit 15 tim tamu Chelsea mendapat peluang dari tendangan bebas setelah pelanggaran yang dilakukan Serge Aurier. Tendangan bebas Chelsea pun menghasilkan bola rebound yang berhasil dimanfaatkan Mason Mount. Mount mendapat bola rebound dan memutuskan melakukan tendangan spekulasi.

Bola tendangan spekulasi Mount pun masih melebar dari gawang SPurs yang dikawal Hugo Lloris. Gol pembuka yang ditunggu pada pertandingan ini akhirnya terjadi pada menit 19. Penyerang Chelsea, Timo Werner mencatatkan namanya sebagai pencetak gol pembuka.

Ia merobek jala Hugo Lloris setelah mendapatkan umpan silang sang kapten Cezar Azpilicueta. Gol Werner pun membawa The Blues unggul 0 1 atas tuan rumah Tottenham Hostpur. Tottenham Hotspur yang menjadi tuan rumah terlihat bingung dalam merancang seranganya.

Akhirnya peluang pertama The Lilywhites tercipta dari kaki Gedson Fernandes pada menit 23. Gedson Fernandes melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti yang berhasil di blok lawan. Kedua tim terutama Tottenham Hotspur terus berusaha tampil ngotot demi menyamakan kedudukan.

Erick Lamela pun memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan pada menit 35. Pemain serba bisa asal Argentina tersebut menemukan ruang kosong di dalam kotak penalti Chelsea. Setelah tanpa pengawalan, Lamela mengeksekusi tendangan tersebut yang pada akhirnya diselamatkan pemain lawan.

Peluang Lamela sekaligus menutup paruh pertama untuk keunggulan Chelsea atas Tottenham Hotspur. Pada babak kedua, Tottenham Hotspur yang tertinggal defisit satu gol coba meningkatkan agresifitas serangannya. Demi mengejar gol penyama kedudukan, Jose Mourinho terlihat melakukan kontra strategi dengan memasukan beberapa pilar Tottenham Hotspur.

Total ada tiga pemain yang dimasukan seperti Hojberg, Kane hingga Lucas Moura untuk menggantikan Tanganga, Bergwijn dan Gedson. Langkah tuan rumah melakukan kontra strategi juga diikuti oleh Frank Lampard yang memilih memperkuat lini tengah pada babak kedua ini. Sejumlah pemain The Blues yang dimasukan seperti Emerson, Kante dan Tammy Abraham untuk menggantikan Chilwell, Kovacic serta Giroud.

Kontra strategi ini pun dimenangkan oleh Jose Mourinho setelah terciptanya gol penyama kedudukan lewat Erik Lamela menit 83. Menerima umpan silang dari Reguilon, Lamela, yang lepas dari penjagaan Emerson Palmieri, berhasil menceploskan bola ke gawang Mendy dengan nyaman lewat tendangan kaki dari dalam kotak penalti. Tottenham pun memperpanjang nafas mereka untuk bisa lolos ke babak perempat final Piala Liga Inggris.

Sampai peluit panjang babak kedua berbunyi, skor sama kuat 1 1 tidak berubah sama sekali. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu penalti. Tottenham menjadi pihak pertama yang mengambil tendangan penalti pada laga tersebut. Seluruh pemain Tottenham berhasil menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti dengan baik.

Sementara itu, seluruh penendang Chelsea berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, kecuali Mason Mount. Petaka datang bagi Chelsea setelah Mason Mount gagal mengeksekusi tendangan penalti kelima The Blues. Tendangan Mount justru melebar ke sisi kanan gawang Lloris dan membuat Chelsea harus tersisih dari Piala Liga Inggris.

Tottenham pun berhasil lolos ke babak perempat final Piala Liga Inggris musim ini. Pen: Tottenham Hotspur 5 4 Chelsea Hugo Lloris (Gk); Toby Alderweireld, Eric Dier, Japhet Tanganga, Serge Aurier; Gedson Fernandes, Tanguy Ndombélé, Moussa Sissoko, Sergio Reguilón; Steven Bergwijn, Érik Lamela.

Edouard Mendy (Gk); César Azpilicueta, Kurt Zouma, Fikayo Tomori, Ben Chilwell; Jorginho, Mateo Kovačić, Callum Hudson Odoi, Mason Mount, Timo Werner; Olivier Giroud.

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.