Cara Merawat Mobil Toyota Mesin Diesel

Cara Merawat Mobil Toyota Mesin Diesel

Belakangan ini mobil dengan mesin diesel memang banyak sekali diminati oleh para konsumen tanah air, salah satunya yaitu mobil Toyota. Promo Toyota terbaru dengan mesin diesel iini memang makin menjamur, karena daya tahan dari mesin tersebut memang dikenal tangguh serta penggunaan bahan bakar yang terbilang irit. Itulah sebabnya promo Toyota Jakarta selalu dinantikan oleh masyarakat luas.

Bagi Anda yang saat ini memiliki mobil toyota dengan mesin diesel, maka perlu mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik. Dengan begitu mobil Anda akan tetap awet dan tahan lama. Berikut ini akan diberikan cara-cara yang bisa dilakukan dalam melakukan perawatan.

Bagaimana Cara untuk Merawat Mobil Toyota Mesin Diesel ?

  1. Pakailah BBM yang Sesuai

Cara yang pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan bahan bakar yang benar-benar sesuai. Perlu Anda ketahui, bahan bakar mesin diesel yang dahulu dengan mesin diesel yang terbaru saat ini memang berbeda.

Oleh karena itu, penting bagi Anda memakai bahan bakar yang benar-benar sesuai dengan spesifikasi dari mesin. Hal tersebut tentunya bertujuan agar mesin mobil Anda memiliki umur lebih panjang.  Selain menggunakan BBM yang sesuai, Anda juga tidak boleh membiarkan tangki dari mobil Toyota Anda berada dalam keadaan kosong.

Ketika indikator telah mulai menunjukkan bahwasanya bahan bakar mulai habis, maka Anda perlu segera mengisi BBM agar nantinya mesin diesel mobil Anda tidak mengalami masalah, seperti terjadi kerusakan.

  1. Jangan Lupa Memanaskan Mesin

Memanaskan mesin mobil ketika Anda hendak menggunakan mobil tersebut merupakan hal yang sangatlah penting. Terlebih jika disini Anda memakai mobil Toyota yang memiliki mesin diesel. Sebenarnya semua jenis mesin pada mobil memang harus dipanaskan terlebih dulu sebelum akhirnya dipakai.

Untuk mesin diesel sendiri perlakuannya sedikit berbeda. Ketika Anda memanaskan mesin diesel, maka mesin tersebut akan memerlukan waktu yang cenderung lebih lama dari mesin bensin agar bisa mencapai suhu optimal.

Hal tersebut memang tidak lepas dari konstruksi dari mesin diesel itu sendiri yang tidak mempunyai busi. Sehingga disini mesin diesel hanya akan memanfaatkan tekanan udara serta suhu dari mesin. Oleh karena itulah, di sini suhu mesin serta tekanan udara haruslah tepat.

Anda bisa menyisihkan waktu 5 menit agar dapat memanaskan mesin mobil Anda sebelum akhirnya nanti Anda mulai berangkat. Sama seperti halnya dengan Anda memanaskan mesin, maka proses mendinginkan mesin sesaat setelah Anda tiba di tujuan juga sangatlah dianjurkan.

Cara untuk mendinginkan mesin ini terbilang mudah. Yaitu Anda biarkan mobil berada dalam keadaan menyala kurang lebih selama 5 menit ketika telah sampai di tempat tujuan. Setelah itu Anda baru boleh mematikan mobil.

Mengapa Perlu Mengecek Indikator Filter Bahan Bakar ?

 

  1. Cek Indikator Filter Bahan Bakar

Cara perawatan selanjutnya yaitu Anda perlu sering mengecek indikator filter bahan bakar yang ada di panel instrumen. Hal tersebut bertujuan agar nantinya Anda tahu kapan harus mengganti filter dari bahan bakar tersebut. Filter dari bahan bakar memiliki fungsi sebagai alat penyaring kandungan solar yang di dalamnya masih terdapat air.

Jika filter bahan bakar tersebut tidak pernah Anda ganti dalam waktu yang cukup lama, maka hal itu akan memungkinkan kandungan air yang ada pada filter tersebut masuk ke dalam ruang pembakaran mesin. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka pembakaran yang terjadi di dalam mesin akan tidak bisa dilakukan secara optimal.

  1. Jangan Lupa Cek Oli

Mesin diesel memerlukan perawatan yang cukup ekstra untuk bagian oli mesinnya. Disini agar mesin diesel dari mobil Toyota Anda mampu bekerja dengan lebih optimal lagi, maka Anda perlu memastikan untuk memberikan oli yang benar – benar berkualitas bagi Mobil kesayangan Anda tersebut.

Jangan lupa pula untuk menggunakan oli yang memang spesifikasinya sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Toyota. Oli mesin ini memiliki fungsi sebagai sarana untuk mendinginkan suhu mesin mobil diesel Anda.

Selain itu juga bermanfaat membersihkan, melumasi serta melindungi komponen yang menyusun mesin. Jangan lupa pula bagi Anda untuk memperhatikan penggantian oli.

Jika di sini mobil Toyota Anda seringkali digunakan untuk pekerjaan yang cukup berat, maka Anda perlu mengganti oli tersebut setiap jarak 5.000 km sekali. Namun jika mobil yang Anda miliki jarang sekali dipakai atau hanya difungsikan untuk pekerjaan yang sifatnya ringan, maka Anda bisa menggantinya tiap 10.000 km.

 

 

Previous PostNextNext Post

Leave a Reply

Your email address will not be published.